Rabu, 21 Oktober 2015

Menjelajahi Ngalau Tarang dan Ngalau Kalam, Kamang

Sisi lain Kamang membuat saya dan rekan-rekan terpanggil untuk mengeksplorenya. Pada kesempatan ini kami mengunjungi 2 spot Ngalau yang ada di Kamang. Ngalau? mungkin ada di antara Anda yang belum tahu apa itu ngalau? Ngalau berasal dari bahasa minang yang berarti gua.
Adapun ngalau yang menjadi target kami adalah Ngalau Tarang (Terang) danNgalau Kalam (Gelap). Memang daerah ini terkenal dengan banyak bukit kapur. Jadi ngak heran kalo gua yang ada disini terbentu dari bebatuan kapur.
Ngalau Kalam
Ngalau Kalam
Tapi dari segi namanya unik ya? ada Ngalau Tarang dan Ngalau Kalam. Coba deh kita bahas satu persatu, dimulai dari ngalau Kalam. Nah Ngalau kalam ini terletak di Jorong Durian. Sesuai dengan namanya ngalau ini sangat gelap dan dingin. Untuk memasukinya saja kita harus menggunakan lampu. Karena memang tidak ada cahaya sama sekali. Oleh karena itu kami meminta bantuan warga sekitar untuk menjadi Guide saat menjelajahi ngalau ini.
Pada kesempatan ini seorang Ibu dan seorang anaknya menawarkan diri untuk menjadi guide. Sebelum masuk kami dibekali dengan beberapa senter yang disediakan guide dan juga 1 buah lentera. Setelah semua siap kami mulai masuk.
Dan benar pemandangan yang disuguhkan di dalam gua sangat indah, dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit. Selain kita bisa melihat keindahan tersebut, ternyata di sini terdapat beberapa patung dari para pahlawan seperti patung Tuanku Imam BonjolTuanku nan Renceh serta masih banyak lainnya.
Ngalau Tarang
Ngalau Tarang
Kebalikan dari Ngalau Kalam, Ngalau Tarang merupakaan gua yang dimasuki cahaya matahari. Sehingga gua ini sangat terang dan untuk masuk ke dalamnya tidak perlu menggunakan senter. Lokasi dari ngalau ini tidak jauh dari surau Tuanku nan Renceh diNagari Kamang Mudiak.
Untuk akses ke gua sangat dekat dengan jalan kampung, hanya sekitaar 100 meter. Tinggi mulut ngalau ini mencapai 20 m dan panjangnya mencapai 20 meter. Lokasi masih terawat dan tentunya sangat layak untuk Anda jadikan referensi liburan untuk weekend kali ini.
Tulisan ini dikirimkan oleh Muhammad Faichwan MJ. Bekerja sebagai Marketing Officer di Asuransi Sinarmas / Master of Ceremony. Bisa ditemui melalui akun Twitter/Instagram : @farhanseashell. Serta aktif menulis di blog pribadinya di http://ngopibareng09.blogspot.com
Sumber by :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar